南国うまうま日記/バリ島ウブドの生活

南国バリ島のウブドに暮らすもんぶぅのうまうまな毎日を綴った日記です。海外生活豆知識やタイなどの旅行記もあります

にほんブログ村 海外生活ブログ バリ島情報へ   ←クリックよろしくお願いします

〜してもらう、〜してあげる

◆基本文型
 Sato memberi saya karutu natal.:佐藤さんは、私にクリスマスカードをくれました。
 Saya memimjamkan buku pada Kikuchi.:私は菊池さんに本を貸しました。
 Saya diberitahun oleh Yamamoto nomol telepon rumah sakit.:
          私は山本さんから病院の電話番号を教えてもらいました。
 Ibu mengirim saya seweta.:お母さんは私にセーターを送りました。

                                                                                                                                      • -

memberi:与える karutu:カード natal:クリスマス meminjamkan:貸してくれる
diberitahu:教えてもらう rumah sakit:病院 


◆例文
1)-Apakah Taro suka nenek?
-Ya,saya suka karena nenek selalu memberi saya kue.
2)-Wainnya enak ya.
-Ini dari Saitou, Ini wain perancis.
3)-Taro,pada hari ibu melakukan apa untuk ibu?
-Saya akan main Piano untuk ibu.
4)-Mr.Makino,apakah masakan pesta kemarin sumua masak sendiri?
-Tidak,saya dibantu Takeda.
5)-Apakah kemarin pergi dengan kereta listrik?
-Tidak,Mr.Yamamoto mengantar saya dengan mobil.


◆例文和訳
1)-タロー君はおばあちゃんが好きですか?
 -はい、いつもお菓子をくれるから好きです。
2)-このワインおいしいですね。
 -これは、斉藤さんからもらいました。フランス産のワインです。
3)-タロー君、母の日にお母さんに何かしますか?
 -お母さんのためにピアノをひきます。
4)-牧野さん、昨日のパーティーの食事は全部自分で作ったのですか?
 いいえ、武田さんに手伝ってもらいました。
5)-昨日、電車で出かけたのですか?
 -いいえ、山本さんが車で送ってくれました。

                                                                                                                                                  • -

nenek:おばあちゃん selalu:いつも hari ibu:母の日 melakukan:行う、する
unuk:〜のために masakan:料理 sumua:すべて sendiri:自分で、ひとりで
dibantu:手伝ってもらう kereta listrik:電車 mengantar:(人を)送る


◆会話例
A)Mr.Yamada,besok pindah rumah,kan?
Bagaimana kalau saya bantu?
B)Terima kasih.
Kalau begitu,maaf tolong kira-kira jam 9.
A)Siapa lagi yang akan membantu?
B)Mr.Yamashita dan Mr.makino akan membantu.
A)Mobilnya?
B)Mr.Yamashita akan meminjam mobil wagon untuk saya.
A)Bagaimana makan siangnya?
B)Eu...
A)Bagaimana kalau saya bawakan makanan?
B)Maaf,tolong ya.
A)Kalau begitu,sampai jumpa besok.

                                                                                                                                            • -

pindah rumah:引っ越し mobil wagon:ワゴン車 bawakan:持ってくる
sampai jumpa besok:また明日