南国うまうま日記/バリ島ウブドの生活

南国バリ島のウブドに暮らすもんぶぅのうまうまな毎日を綴った日記です。海外生活豆知識やタイなどの旅行記もあります

にほんブログ村 海外生活ブログ バリ島情報へ   ←クリックよろしくお願いします

行く、来る、帰る


今回は「〜へ行く」「〜に帰る」「〜から来る」を学びます。


◆基本文型
 Saya pregi ke Kyoto.:私は京都へ行きます。
 Saya pulang ke rumah saya dengan taksi.:私はタクシーで自分の家に帰ります。
 Saya datang ke Jepang dengan keluarga.:私は家族と一緒に日本に来ました。
  dengan:〜で(手段)、〜といっしょに


◆例文
1)-Besok anda akan pergi ke mana?
 -Saya akan pergi ke Tokyo.
2)-Hari Minggu lalu anda pergi ke mana?
 -Tidak pergi ke mana-mana.
3)-Anda pergi ke Tokyo dengan apa?
 -Sinkansen.
4)-Anda pergi ke Tokyo dengan siapa?
 -Dengan Yamada-san.
5)-Kapan anda datang ke Jepang?
 -Saya datang tanggal 25 belan Maret.


◆例文和訳
1)-明日あなたはどこに行きますか?
 -私は東京に行きます。
2)-先週の日曜日あなたはどこに行きましたか?
 -どこにも行きませんでした。
3)-あなたは、東京に何で行きますか?
 -新幹線です。
4)-あなたは、東京に誰と行きますか?
 -ヤマダさんとです。
5)-いつあなたは日本に来ましたか?
 -私は3月25日に来ました。


◆会話例
A)Maaf,sampai Kyoto berapa?
B)350yen.
A)350yen,kan.Terima kasih.
B)Sama-sama.

                                                  • -

A)Maaf,Kyoto jalur nomor berapa?
C)Jalur 5.
A)Terima kasih.

                                                  • -

A)Apakah kereta listrik ini pergi ke Kyoto?
D)Tidak,tapi kereta biasa berikutnya.
A)Oo,gitu.terima kasih.


sama-sama:どういたしまして jalu::〜番線 kereta listrik:電車 berikutnya:次の
oo,gitu:ああ、そうですか kereta biasa:普通列車